CUTI AKADEMIK

Cuti Akademik adalah berhenti atau tidak mengikuti kegiatan akademik sementara waktu karena alasan tertentu, dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan izin yang diberikan oleh Universitas.

 Ketentuan Cuti Akademik:

  1. Permohonan cuti diajukan kepada Rektor paling lambat 2 (dua) pekan awal semester, permohonan tersebut harus disertai dengan dokumen penunjang yang disetujui oleh Pembimbing Akademik, Ketua Program Studi, Dekan/Direktur dan Orang Tua/Wali;
  2. Mahasiswa Program Sarjana, Diploma IV, Magister, dan Doktor dapat mengajukan cuti akademik jika telah berstatus sebagai mahasiswa minimal selama 2 (dua) semester;
  3. Izin cuti akademik diberikan maksimal 2 semester selama masa studi untuk seluruh jenjang, baik berurutan maupun terpisah;
  4. Cuti Akademik tidak berlaku bagi mahasiswa semester lanjut;
  5. Masa cuti akademik diperhitungkan dalam batas masa studi;
  6. Mahasiswa yang berstatus cuti tidak berhak mendapatkan layanan akademik dan mengikuti kegiatan kurikuler;
  7. Mahasiswa yang berstatus cuti tidak berhak mendapatkan layanan dan fasilitas kampus seperti asrama dan dapur;
  8. Cuti akademik dengan alasan khusus dapat diberikan kepada mahasiswa yang terpaksa menghentikan studi untuk sementara karena halangan yang tidak dapat dihindarkan, antara lain:
    • Kecelakaan dengan melampirkan surat keteragan dari rumah sakit adau surat keterangan yang dapat dipertanggung jawabkan,
    • Sakit lebih dari 3 minggu berturut-turut dengan menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit,
    • Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dapat mengharumkan nama Universitas,
    • Mahasiswa yang sedang menjalani program Student Exchange dan terkena hukuman skorsing.

PROSEDUR PERMOHONAN CUTI AKADEMIK

  1. Mengajukan izin cuti akademik dengan mengisi formulir yang telah disediakan bagian BAA Data atau dapat di unduh klik disini dilengkapi dengan syarat-syarat:
    • KHS terakhir,
    • Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM),
    • Surat keterangan bebas tanggungan keuangan dari Bagian Bendahara Universitas Darussalam Gontor,
    • Surat keterangan bebas tanggungan peminjaman buku Perpustakaan,
    • Surat keterangan bebas sanksi disiplin dari Direktorat Kepesantrenan,
    • Surat persetujuan dari orang tua;
  2. Setelah permohonan ini disetujui, agar digandakan dan diserahkan kepada Kaprodi, Dekan Fakultas, Bendahara Universitas Darussalam Gontor, Kepala Direktorat Kepesantrenan dan Biro Administrasi Akademik;
  3. Mahasiswa akan membawa Surat Keterangan Cuti dan Transkrip Akademik Terakhir;

PROSEDUR PERMOHONAN AKTIF DARI CUTI AKADEMIK

  1. Mengajukan permohonan aktif kembali dari cuti akademik dengan mengisi formulir yang telah disediakan bagian Data Mahasiswa BAA atau dapat diunduh klik disini dilengkapi dengan syarat-syarat:
    • Transkrip Akademik/KHS Terakhir,
    • Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM),
    • Surat keterangan bebas tanggungan keuangan dari Bagian Keuangan,
    • Foto copy Surat ijin Cuti 1 (satu) lembar,
  2. Selanjutnya blanko yang sudah diisi dan dilengkapi dengan persyaratan dibawa ke kantor BAA Data untuk diproses dan diterbitkan surat aktif kembali.